Baby Hello Kitty Education: Membahas Tuntas tentang Shalat sunnah (sunnat) Rawatib (Shalat Sunnah Qabliah Subuh)

Minggu, 15 November 2015

Membahas Tuntas tentang Shalat sunnah (sunnat) Rawatib (Shalat Sunnah Qabliah Subuh)


A.     SHALAT SUNNAH QABLIAH SHUBUH



Shalat sunnah rawatib qabliah shubuh itu memiliki keistimewaan dan keutamaan yang sangat besar sekali, yaitu bagi orang yang mau mengerjakannya akan mendapat pahala yang sangat besar, dimana kebesaranya itu jauh lebih baik dari pada dunia beserta seluruh isinya. Sebagaimana yang telah ditegaskan oleh Rasulullah S.A.W. didalam sabdanya yang artinya :

“dua rakaat shalat fajar (qabliah shubuh) itu jauh lebih baik daripada dunia beserta isinya”. (HR. ImamTarmidzi, Muslim dan Imam Nasa’i)



Shalat sunnah rawatib qabliah shubuh ini dikerjakan dengan 2 rakaat sebelum mengerjakan shalat shubuh setelah masuk waktu shalat shubuh. Dan mengenai cara nebgerjakannya itu sama dengan shalat fardhu atau shalat sunnah seperti biasanya baik dari gerakan maupun bacaannya, hanya saja niatnya berbeda. Dan shalat sunnah rawatib qabliah subuh ini dikerjakan dengan ringkas, sebagaimana sabda Rasulullah S.A.W. yang artinya :

“Adalah Rasulullah S.A.W.ketika mu’adzin berhenti dari adzan pertama untuk shalat shubuh, beliau berdiri melakukan shalat 2 rakaat denggan ringkas sebelum shalat shubuh pada waktu shubuh, kemudian beliau berbaring diatas lambung kanannya sampai muadzin berdiri melakukan iqamah”. (HR. Imam Bukhari dan Muslim, dari ‘Aisyah r.a)



Dan juga sabda nabi S.A.W. yang artinya :

“Nabi S.A.W. melakukan shalat sunnat 2 rakaat sebelum shalat shubuh dan biasanya beliau membaca 2 surat sebelum shalat shubuh dan biasanya beliau membaca 2 surat yang sangat bagus pada kedua rakaat tersebut, yaitu Qul yaa Ayuhal kaafiruun dan Qul Huwallahu Ahad: “. (HR. Ibnu Majah, dari Aisyah ra)

Namun surat yang dibaca disini itu tidak ditentukan secara khusus, hanya saja lebih baik itu adalah membaca surat Al-Kafirun pada rakaat pertama dan Al-ikhlas pada rakaat kedua.
Adapun lafadz niat Shalat sunnah rawatib qabliah shubuh itu :


selanjutnya Shalat sunnah ba'diah(sesudah) zhuhur dan Qabliah (sebelum) zhuhur beserta keistimewaannya baca di : http://pussprincess.blogspot.co.id/2015/11/membahas-tuntas-tentang-shalat-sunnah_81.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar