Baby Hello Kitty Education: Tekanan ban beserta akibatnya (tekanan ban kurang dan tekanan ban berlebih)

Selasa, 10 November 2015

Tekanan ban beserta akibatnya (tekanan ban kurang dan tekanan ban berlebih)

Tekanan pada Ban


Koefisien Rolling resistance turun jika tekanan ban naik. Hal ini disebabkan karena tekanan radialnya turun, sehingga energy yang hilang disebabkan oleh deformasi ban sedikit dan juga gesekan internal yang     menyertainya.


Tekanan angin  pada ban perlu diperhatikan dan diperkirakan dengan tepat, meski hal sepele tetapi banyak orang belum tau apa saja akibatnya jika tekanan angin pada ban berlebih atau terlalu kurang(kemps)
Bagaimana jika Tekanan ban terlalu Tinggi?


Yaitu tekanan yang diisi kan pada ban terlalu berlebihan, ini dapat menyebabkan :

A.     Akan terjadi keausan pada bagian tengah ban karena ban menjadi cembung, dan sebagian   besar beban akan tertumpu ditengah sehingga keausanya lebih cepat dan pada bagian shoulder nya.
B.     Gesekan antara ban dengan jalan bertambah, sehingga membutuhkan tenaga lebih untuk menggerakkan kendaraan dan bahan bakar lebih boros.
C.     Kenyamanan berkurang karena ban tidak mampu membantu menyerap kejutan dari permukaan jalan.
D.     Lapisan benang pada ban terlelu tegang dan mudah rusak karena adanya tumbukan dari luar.
E.      Lapisan karet tread mudah terkelupas karena panas gesekan yang terkonsentrasi dibagian tengah.

Bagaimana jika Tekanan ban terlalu rendah?


Jika ban bertekanan kurang akan berakibat:

a.      keausan ban yang terpusat pada shoulder atau ditengah. Jika tekanan kurang maka ban bagian tengah akan cekung, dan beban akan tertumpu pada shoulder sehingga akan aus lebih cepat dari pada bagian tengah
b.      Gesekan antara ban dengan jalan bertambah, sehingga membutuhkan tenaga lebih untuk menggerakkan kendaraan dan bahan bakar lebih boros
c.      Kemudi menjadi lebih berat, sehingg cepat melelahkan pengemudi.
d.      Ban menjadi terlalu lentur sehingga temperatur didalamnya bertambah. Bila tekanan udara ban rendah sekali dan kecepatan kendaraan tinggi ban dapat pecah sehingga dapat menjadi ancaman bagi pengemudi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar