Pemeliharaan Ban
Ban yang berjalan diatas jalan yang beraspal (halus)
biasanya mempunyai umur yang jauh lebih panjang dari pada yang berjalan diatas
jalan yang kasar (jelek). Tetapi keausan yang tidak sama (tidak rata) adalah
hal yang biasa terjadi pada ban-ban yang dipasang pada mobil. Ada banyak hal
yang dapat dikontrol sebagai tindakan pencegahan. Tetapi ada hal lain yang
tidak dapat dihindarkan. Bagaimanapun juga umur ban dapat diperpanjang dengan
cara pemeliharaan yang baik.
Contoh dari suatu
perusahaan angkutan yang mengoperasikan lima puluh truk diberikan dibawah
Ukuran ban: 10.00-20 14 PR
Harga pembelian dari Ban: Rp. 43.200,-
Umur ban: 80.000Km
Jarak yang ditempuh rata-rata tiap taun: 60.000Km
Perhitungan biaya
untuk ban selama satu tahun dengan tekanan angina 25% lebih rendah daripada
tekanan standart:
a.
Tekanan angina standart : 43.200/80.000 = Rp.
0,54 (biaya/Km)
b
.
Tekanan angina 25% lebih rendah daripada tekanan
standart akan memperpendek umur ban dengan 20% : 43.200/64.000 = Rp. 0,68 (biaya/Km)
c.
Kehilangan (kerugian karena ban) dalam satu
tahun dihitung sebagai berikut : (Rp. 0,68 – Rp. 0,54) x 60.000 Km x 6 x 50 =
Rp. 2.520.000,- kerugian/kehilangan dari perusahaan melebihi dari 2,5 juta
Bagaimanakah cara merawat ban yang betul?
Untuk menghindarkan kesukaran atau kerusakan pada ban, harus
diperhatikan hal-hal berikut:
1.
Tekanan angin
yang betul (mengisi angina pada ban harus diperkirakan dengan tepat, jangan
sampai berlebihan atau kurang karena itu bisa dengan cepat merusak ban)
2. Muatan seperti yang direkomendasikan (setiap ban pasti memiliki batas beban
maksimal, perlu diingat jika memuat beban harap disesuaikan dengan spesifikasi
yang tertera pada ban agar dapat memperpanjang umur ban )
3. Pasangan yang betul dari ban ganda dan
rotasi seperti direkomendasikan ( perhatikan pada ban ganda, agar pasangan
ganda nya yang seukuran dan sejenis serta rotasi pada ban agar tidak terbaik
pemasanganya)
4. Wheel alignment (setelah roda) yang betul (sesuaikan
pada kendaraan, bagaimana posisi wheel alignmentnya)
5. Macam-macam : pengemudian secara aman
(berhati-hati), penggunaan ban yang selayaknya, pemerikasaan dan perbaikan yang
diperlukan, penggunaan pelek yang betul
Tidak ada komentar:
Posting Komentar